Cikande, 01 Agustus 2025 – Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Literasi Kelompok 57 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sukses menyelenggarakan kunjungan literasi ke sekolah di SDN Kukun pada Sabtu, 26 Juli 2025. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini menjadi bagian dari program kerja literasi yang telah ditentukan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) pada KKM Tematik Literasi ini. Tujuan dari kunjungan ini untuk meningkatkan minat literasi pada siswa sekolah dasar.
Kegiatan kunjungan ini menyasar siswa-siswi dari kelas 2, 3, dan 4 sebagai sampel kegiatan literasi yang masing-masingnya terdiri dari dua kelas. Beragam aktivitas dilakukan dalam kunjungan tersebut, mulai dari membaca nyaring, bacakan saya buku, mengulas isi cerita, hingga pembelajaran umum yang relevan dengan usia dan jenjang pendidikan siswa.


Sambutan dari pihak sekolah sangat luar biasa. Kami merasa diterima dengan hangat dan didukung sepenuhnya oleh para guru,” ujar Putri selaku Koordinator kunjungan literasi ke SDN Kukun. Tak hanya pihak sekolah, para siswa pun menunjukkan antusiasme tinggi sejak kegiatan dimulai. Senyum dan semangat mereka terlihat jelas saat mengikuti setiap sesi kegiatan yang disiapkan dengan penuh kreativitas oleh mahasiswa.
Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa melakukan kegiatan literasi, menyampaikan cerita inspiratif, mengajak siswa berdiskusi sederhana tentang isi buku, mengajarkan pengenalan dasar nilai-nilai luhur Pancasila, mengenal perasaan, matematika, dan permainan edukatif lainnya.
Setiap sesi kelas berlangsung selama kurang lebih 60 menit dan dikemas dengan suasana yang menyenangkan agar siswa merasa nyaman serta ikut terlibat aktif. Dalam sesi “bacakan saya buku”, mahasiswa membacakan buku anak bergambar dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Pembacaan buku tersebut dibuat dengan interaktif dan berlangsung dua secara dua arah. Siswa kemudian diajak untuk membaca dan menceritakan kembali isi buku dengan versi mereka sendiri, sebuah metode yang terbukti meningkatkan kemampuan memahami dan menyampaikan kembali informasi secara lisan.

Data selama kegiatan menunjukkan bahwa beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca dengan lancar, sehingga metode membaca nyaring dan bacakan saya buku menjadi sangat efektif sebagai latihan dan stimulasi. Mahasiswa secara aktif membantu dan membimbing siswa yang masih belum lancar membaca, sehingga suasana belajar tetap kondusif dan menyenangkan.
Pihak sekolah memberikan sambutan yang sangat positif terhadap kegiatan ini. Para guru menyampaikan apresiasi atas inisiatif mahasiswa yang mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus menstimulasi kemampuan literasi siswa secara langsung.
Ibu Intan selaku perwakilan guru SDN Kukun menyampaikan kesan mendalam terhadap pelaksanaan program ini. “Kami dari pihak sekolah SDN Kukun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan mahasiswa dan mahasiswi UNTIRTA, khususnya Kelompok 57 KKM Tematik Literasi. Anak-anak sangat antusias, senang, dan menunjukkan rasa ingin tahu terhadap setiap ilmu yang diberikan. Kegiatan ini juga membantu menumbuhkan semangat untuk membaca buku, bercerita, dan belajar dengan percaya diri.”
Sebagai penutup, Ibu Intan juga menyampaikan harapan agar kegiatan semacam ini tidak berhenti sampai di sini. “Semoga ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat dan menjadi bekal bagi anak-anak kami. Kami berharap mahasiswa KKN 57 UNTIRTA dapat terus peduli dan memberi motivasi kepada anak-anak agar semakin semangat membaca, belajar, percaya diri, dan mampu bersosialisasi. Program-program yang telah dijalankan semoga bisa terus berkembang dan menjadi inspiratif serta berkesan, baik bagi sekolah kami maupun sekolah lain di desa ini.”
Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk nyata kolaborasi pendidikan tinggi dan masyarakat dalam mendukung Gerakan Literasi. Antusiasme siswa dan dukungan dari pihak sekolah menjadi dorongan semangat tersendiri bagi para mahasiswa untuk terus menjalankan program yang memberi manfaat langsung bagi generasi muda.
								
											
											
											
											
											